13 Langkah Lengkap Cara Mengecek Dan Menambahkan Cairan Radiator
caramengeceknya.blogspot.com - Mengecek Dan Menambahkan Cairan Radiator - Radiator adalah tulang punggung sistem pendinginan mobil Anda, bersama kipas angin, pompa air, termostat, slang, sabuk, dan sensor mobil. Radiator menyalurkan cairan pendingin di sekitar kepala dan katup silinder untuk menyerap panasnya, mengembalikannya ke radiator, dan menghilangkannya dengan aman. Oleh karenanya, Anda perlu menjaga cairan radiator selalu pada ketinggian yang memadai. Artinya, Anda harus rutin mengecek ketinggian cairan pendingin radiator dan menambahkannya jika diperlukan.
Mengecek Ketinggian Cairan Radiator
Parkirkan mobil di permukaan rata. Idealnya, cairan radiator sebaiknya dicek setelah berkendara sebentar. Sebaiknya Anda mengecek ketinggian cairan antibeku atau pendingin selagi mesin bersuhu sejuk atau hangat, bukannya panas atau dingin. Jika Anda telah berkendara lama, tunggu beberapa jam sampai mesin agak dingin.
Jangan cek cairan radiator ketika mesin mobil menyala, dan jangan pernah mencoba mengecek ketinggian cairan radiator ketika mesin mobil sedang panas.
Naikkan kap mobil.
Cari penutup radiator. Penutup radiator adalah penutup bertekanan yang berada di atas radiator. Penutup radiator di mobil-mobil baru memiliki label penanda. Jika Anda tidak menemukannya, cek buku panduan untuk pemilik kendaraan.
Balutkan kain di atas penutup radiator, dan buka penutup radiator mobil Anda. Radiator dan penutup overflow menyerap panas mesin dari cairan pendingin. Gunakan kain untuk mencegah tangan Anda terkena luka bakar.
Gunakan jari telunjuk dan tengah untuk menahan penutup radiator dan gunakan tangan satu lagi untuk melepaskan penutup radiator. Dengan demikian, cairan pendingin tidak meluber dari radiator seandainya masih ada tekanan dalam sistem.
Cek ketinggian cairan radiator. Ketinggian cairan pendingin harus mendekati bibir radiator. Jika ada tanda “Full” (penuh) tercantum di logam radiator, usahakan cairan radiator mencapai ketinggian ini.
Cari dan buka penutup tanki overflow radiator. Selain tanki radiator, sebagian besar mobil modern memiliki tanki overflow untuk menampung cairan pendingin yang memuai karena terlalu panas. Cairan di dalam tanki ini seharusnya sedikit atau kosong. Jika ketinggian cairan pendingin di dalam radiator Anda rendah dan tanki overflow hampir terisi penuh setelah Anda berkendara cukup lama, segera bawa mobil ke bengkel.
Periksa titik beku dan titik didih dari cairan pendingin Anda. Seiring waktu, kemampuan cairan radiator untuk menyerap dan menghilangkan panas akan berkurang. Uji titik didih dan beku cairan dengan hidrometer antibeku. Untuk lebih jelasnya, baca bagian ini
Tambahkan cairan pendingin sesuai kebutuhan. Tambahkan cairan ke tanki overflow (jika ada). Kalau tidak, tambahkan ke radiator. Sebaiknya, gunakan corong supaya cairan tidak tumpah. Untuk sebagian besar kondisi berkendara, cairan antibeku harus dicampurkan dengan air suling dalam rasio setara (1:1). Dalam iklim yang lebih parah, Anda bisa mencampurkan 70 persen cairan antibeku dan 30 persen air suling, tetapi jangan sampai lebih.
Jangan tambahkan cairan ketika mesin mobil masih hangat.
Mengecek Tingkat Perlindungan Cairan Pendingin
Remas pentol hidrometer. Udara akan terdorong keluar dari hidrometer.
Masukkan tabung karet hidrometer ke dalam cairan pendingin.
Lepaskan pentol hidrometer. Cairan pendingin akan tertarik masuk ke hidrometer sehingga jarum atau bola plastik di dalamnya mengapung.
Angkat hidrometer dari cairan pendingin.
Baca titik didih dan beku cairan pendingin di dalam hidrometer. Jika hidrometer menggunakan jarum, jarum ini seharusnya menunjuk suhu atau rentang suhu tertentu. Jika hidrometer menggunakan rangkaian bola plastik, jumlah bola yang mengapung menunjukkan seberapa baik cairan antibeku akan melindungi mesin dari pembekuan atau pendidihan. Jika kualitasnya sudah tidak memadai, tambahkan atau ganti cairan pendingin kendaraan Anda.
Sebaiknya Anda menguji tingkat perlindungan cairan pendingin di musim semi dan gugur, dan cek lebih sering Anda berkendara dalam kondisi ekstrem.
Komentar
Posting Komentar